Menu
0812-2704-3662

Dusun Sempon, Wukirsari, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Tips Membeli Rumah Yang Lengkap dan Jitu

Thursday, November 2nd 2017.

4

Banyaknya pilihan rumah yang akan kita beli kadang malah membuat bingung untuk menentukan mana yang akan kit abeli, itu adalah hal yang wajar  yang hampir dialami sebagian orang di dalam menentukan pilihan dari beberap rumah yang telah di lihat. Kadang semakin banyak kita survey rumah yang akan di beli semakin bingung, karena pada dasarnya setiap unit rumah memiliki plus dan minus masing masing. Berikut adalah beberpa tips dari inforumahyogya.com yang telah bertahun tahun berpengalaman di bidang property yang bisa anda gunakan dalam memebeli rumah:

  1. Tentukan Budet Anda

Rumah dengan desain minimalis bisa menjadi pilihan bagi keluarga muda yang mempunyai budget “ngepres”

Beberapa iklan di internet yang menawarkan rumah yang dijual memang bisa memberikan gambaran mengenai rumah yang bisa dijadikan rekomendasi bagi anda, banyaknya rumah dengan berbagai model rumah dan paduan seni arsitek memang sangat menarik dan membuat penasaran kita, ternyata setelah melihat lama foto-foto yang bagus mengenai rumah tersebut anda lupa jika rumah tersebut adalah ‘Over Budget’, tentu hal ini adalah hal yang sangat membuang buang waktu terlebih saat itu kita sedang mencari rumah dalam waktu yang cepat agar segera bisa dihuni. Dengan Menentukan budget, anda bisa menghindari melihat iklan iklan rumah lain yang harganya jelas jelas tidak masuk dengan anggaran anda, karena hal itu juga bisa membuat anda tidak fokus dalam mencari iklan rumah yang memang sedang bener-benar anda cari.

  1. Tentukan Lokasi

Lokasi rumah yang dekat dengan jalan utama, kampus, pusat kota pasti mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Bagi keluarga muda, alangkah baiknya untuk mencari rumah yang tidak terlalu memberatkan dari segi cicilan KPR.

Masih erat kaitannya dengan budget awal diatas, selain harga pertimbangan yang yang ke-2 adalah lokasi. Dengan memusatkan lokasi rumah yang sedang anda cari meminimalkan banyaknya waktu yang terbuang untuk selalu membanding-bandingakan. Sebagai contoh, Jika anda sedang mencari rumah di Jogja, tentukan pilihan lokasi seperti kabupaten (sleman, bantul, atau kulon progo). Karena Jogja adalah sebuah propinsi, tentu terlalu luas untuk jangkauan jogja, karena semua rumah yang ada di jogja akan muncul, maka anda harus memilih area seperti sleman misalnya.  Maka rumah yang tampil pun juga hanya area sleman. Cara lain anda bisa langsung browsing pada internet atau di kolom pencarian lokasi pada situs yg sudah anda buka. sebagai kata kunci, Misalnya: Rumah minimalis di Sleman, Rumah  2 Lantai Jl Palagan, Rumah Mewah di Jogja Utara, Rumah Dekat kampus UGM dll. 

  1. Selera Dan Kebutuhan

Jika sudah memilih rumah yang pas dengan budget dan hati, anda dapat menghubungi pemilik rumah atau agen properti untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

Setelah menentukan budget, menentukan lokasi rumah yang anda cari, maka akan muncul  tayangan listing rumah uang dijuall di area dan kisaran harga yang anda cari. Nah saat itu anda bisa memeilih san seleksi bebera rumah yang dijual berdasarkan kebutuhan anda, seperti desain rumah, tata telak ruangan, fasilitas rumah, jumlah kamar dll. Dengan Harga yang sama tentu banyak model atau desain dari rumah tersebut, pilihkan yang sesuai dengan selera mengenai desain rumah dan juga kebutuhan anda yang tidak kalah penting, seperti jumlah kamar yang anda butuhkan atau bahkan tata letak ruangan yang bisa menunjang aktifitas dan kenyamanan anda dirumah.

  1. Survey Lokasi

Survey lokasi penting untuk dilakukan terkait keadaan sekitar lingkungan tempat tinggal. Cobalah untuk menggali informasi dengan tetangga sekitar seputar keamanan lingkungan dll.

Jika sudah memilih beberapa listing rumah yang di iklankan, usakahan anda tidak hanya memilih 1 pilihan sebaiknya anda pilih beberap listing yang sudah sesuai dengan kriteria anda setidaknya 3 atau 4 listing anda bisa mengontac pengiklan rumah dan buat jadwal janjian untuk survey lokasi. Tujunnya agar sekali anda survey bisa langsung ke bebrapa lokasi, hal ini bertujuan untuk efisensi waktu anda di sela sela kesibukan dan waktu libur anda. Jika dalam pepatah “Sekali dayung dua tiga pulau terlampoi” , sekali meluangkan survey bisa berkunjung dua, tiga atau empat rumah.

  1. Cek Legalitas Rumah

Dalam membeli rumah, sebaiknya kita tidak hanya memikirkan faktor harga dan lokasi, namun juga aspek legalitasnya. Anda perlu teliti dan cermat pada tahap ini agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Jika sudah cocok diantara beberapa rumah yang sudah disurvey, dan cocok juga dengan harganya yang terakhir adalah anda bisa mengecek legalitas keabsahan mengenai sertifikatnya. Jika anda mempunnyai rekan notaris anda bisa mengecek legalitas sertifikat tsb ke notaris hanya dengan coppy sertifikatnya, atau jika anda tidak punya refrensi notaris biasanya agen property yang mengiklankan rumah tersebut atau anda bisa mengecek langsung ke BPN setempat. Jika dia adalah seorang agent property yang profesional maka dia sudah mempunyai relasi seperti notaris/PPAT (pejabat Pembuat Akta Tanah). Jadi anda sudah memimang nimang harga dan cocok / deal harga dgengan rumah pilihan,  jika anda masih sibuk dan belum ada waktu bisa meminta tolong ke agent property tersebut untuk pengecekan sertifikatnya. Seperti halnya ABKA Property // www.inforumahyogya.com yang siap membantu anda dalam dalam mencari rumah di jogja dan membnatu dalam pengecekan sertifikat ke rekanan notaris. Intinya pada legalitas rumah ada 3 hal, yaitu: sertifikat, IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan, jika ke 3 nya ada dan tidak bermaslah maka anda bisa lanjut ke AJB (Akta Jual Beli) di Notaris.

Demikian artikel ini saya buat semoga bisa menajdi panduan untuk mencari rumah  bermanfaat bagi anda, dan jika anda ingin berkonsultasi gratis bisa telfon / Whatsapp ke 081227043662. Merasa senang bisa saling membantu dan bermanfaat bagi orang lain.

pesan via sms pesan via whatsapp